April 10, 2009

MENGENAL PENYAKIT AKIBAT KERJA


Dalam melakukan pekerjaan apapun , sebenarnya kita berisiko untuk mendapatkan gangguan Kesehatan atau penyakit yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.Oleh karena itu , penyakit akibat kerja adalah penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan,alat kerja , bahan , proses maupun lingkungan kerja .

Dengan demikian Penyakit Akibat Kerja merupakan penyakit yang artifisial atau man made disease .

Hal ini merupakan problem bagi para pekerja di berbagai sektor . Sebagian orang menyadari bahwa penyakit yang diderita besar kemungkinan karena pekerjaannya ,tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa pekerjaan yang ditekuninya sehari – hari sebagai penyebab penyakit tertentu .

Banyak definisi tentang penyakit akibat kerja ,, yang semuanya terkait dengan alat kerja dan pekerjaan . Beberapa di antaranya antara lain , “ An occupational disease may be defined simply as one that is caused , or made worse , by exposure at work ” ( Cherry, 1999 ) . Di sini menggambarkan bahwa secara sederhana sesuatu yang disebabkan , atau diperburuk , oleh pajanan di tempay kerja . Atau , “ An occupational disease is health problem caused by exposure to a workplace hazard ” ( Workplace Safety and Insurance Board –a, 2005 ) , sedangkan dari definisi kedua tersebut , penyakit akibat kerja adalah suatu masalah Kesehatan yang disebabkan oleh pajanan berbahaya di tempat kerja.

Dalam hal ini , pajanan berbahaya yang dimaksud oleh Work place Safety and Insurance Board ( 2005 ) antara lain :

· Debu , gas , atau asap
· Suara / kebisingan ( noise )
· Bahan toksik ( racun )
· Getaran ( vibration )
· Radiasi
· Infeksi kuman atau dingin yang ekstrem
· Tekanan udara tinggi atau rendah yang ekstrem

Sebenarnya penyakit akibat kerja telah ada seusia peradapan manusia . Namun , publikasi akibat kerja baru ditulis oleh Bernardino Ramazzini ( 1633 – 1714 ) , seorang dokter keluarga D’Este di Modena . Bukunya yang berjudul De Morbis Artificium sangat dikenal dan dianggap sebagai pelopor dalam kedokteran kerja .

Waktu itukaryanya tidak banyak dibaca orang , bahkan nyaris diabaikan . Barulah pada masa Revolusi Industri di Inggris , setelah penyakit yang bayak muncul di kalangan pekerja industri sangat meresahkan , buku ini mulai dilirik dan pemikiran-pemikirannya mulai dipertimbangkan .

Penyakit akibat kerja merupakan manifestasi dari kesehatan kerja, atau kondisi kesehatan dari tenaga kerja atau pekerja. Kesehatan Kerja meliputi berbagai upaya penyerasian antara pekerja dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya baik fisik maupun psikis dalam hal cara/ metode kerja, proses kerja dan kondisi yang bertujuan untuk :

· Memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan kerja masyarakat pekerja di semua lapangan kerja setinggi-tingginya baik fisik, mental maupun kesejahteraan sosialnya.
· Mencegah timbulnya gangguan kesehatan pada masyarakat pekerja yang diakibatkan oleh keadaan/ kondisi lingkungan kerjanya.
· Memberikan pekerjaan dan perlindungan bagi pekerja di dalam pekerjaannya darikemungkinan bahaya yang disebabkan oleh faktor-faktor yang membahayakan kesehatan.
· Menempatkan dam memelihara pekerja di suatu lingkungan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan fisik dan psikis pekerjanya.

Hal yang perlu di ........... to be continue

2 Komentar:

Anonim mengatakan...

Lanjutannya mana di tunngu ya, friend..???

Good luck for you...

adeska mengatakan...

posting yang menarik. bisa memberikan pemahaman akan potensi penyakit akibat rutinitas kerja. trims utk postingnya.

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sebuah tulisan yang tidak berkategori, dari seorang yang tidak mempunyai arti, Apalagi seorang yang bukan ahli.Namun ingin belajar berkreasi dan beraktualisasi diri. Mencoba berbagi dalam tautan imajinasi serta belajar peduli dengan segenap hati.. ( They say, I'am : Unique, Original, real Simple, Most of all.., My life is Colorfull..>>>I am who I am..?. Your Approval isn't needed ).
Powered By Blogger
Mobil Bekas
IP
Pasang Iklan Rumah
Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Health, Safety & Environment © 2009 Template by Dicas Blogger Editing by: F.S Hanafi

Kembali Keatas